Labels

Saturday 23 February 2013

FanFiction (FF) dan Flash Fiction (FF)

Aku mengenal FF itu sebagai FanFiction bukan sebagai Flash Fiction. Maklum keranjingan baca FanFiction di Facebook Page Super Junior. Aku juga sudah menulis FanFiction dua kali. Sayang hanya satu yang selesai saking alurnya maju mundur dan kadang emang jadi enggak nyambung (menurutku). Aku menulis FanFiction tentang Super Junior terinspirasi dari temanku yang rajin nulis FanFiction dan blog khusus Fanfiction Super Junior. FanFiction pertamaku (pertama kali selesai maksudnya) itu panjangnya kira-kira 16 halaman. Awalnya juga aku gak nyangka bisa nulis sebanyak itu. Mungkin ini pengaruh dari FanFiction yang ada di blog khusus FanFiction SJ. Entahlah. Yang jelas punyaku masih kalah dari FanFiction temanku. Kalau di edit, dia bisa menulis tiga buku novel yang terinspirasi dari ketiga FanFiction itu. WAW! Royaltinya bisa nambah uang saku tuh! Tapi hanya dua FanFictionnya yang bikin aku nangis yaitu 'Bittersweet' dan 'At Least I Still Have You' (Yang Elf sama Flawess pasti tahu itu lagu idola mereka)


Tahun 2013 ini aku baru tahu apa itu Flash Fiction. Berawal dari sebuah 'iklan' lomba menulis, semula kukira peserta lomba harus membuat FanFiction tentang Diskriminasi Sosial. Tapi aku salah. Flash Fiction atau FF yang dimaksud adalah fiksi mini.Flash Fiction bisa terdiri hanya dari 100 kata saja, termasuk judul. Beda dengan FanFiction yang harus sampai berlembar-lembar halaman. Sekarang, aku tinggal menunggu apakah tulisanku lolos atau tidak. Karena menulis Flash Fiction tidak semudah menulis FanFiction, walaupun menulis Flash Fiction tidak mengharuskan tangan pegal-pegal karena kebanyakkan menulis.

Itulah pengalamanku mengenal FF dan FF. Semoga aku bisa menulis FF (FanFiction) dengan bahasa Korea dan Jerman. Hmm, mimpi tingkat tinggi.

No comments: