Labels

Tuesday 26 November 2013

My Experience of Writing

Bismillah...

Disti mau cerita awalnya kenal sama dunia tulis-menulis. Ceritanya dimulai dari sini...

Addysti Izdihar, seorang penulis amatir kelahiran Jakarta 17 tahun lalu. Aku masuk ke dunia literasi awalnya di tahun 2012 saat iseng mengirimkan sebuah cerita mini ke komentar di sebuah grup kepenulisan. Tapi kalau tidak salah, aku pernah kirim dua naskah akhir tahun 2011 (menjelang awal tahun 2012), dan sayangnya aku enggak tahu bagaimana nasib kedua naskahku itu (maklum dulu masih bener-bener enggak ngerti tentang dunia tulis-menulis) -_-


Narsis bareng buku-bukuku ^^

Setelah itu, aku coba-coba mengirimkan cerita mini atau bisa dibilang FTS di sebuah event dari grup kepenulisan di facebook. Alhamdulillah, bukunya terbit Maret tahun ini.


GACAK Bikin Kocak Galaumu (Buku ketiga)

Judulnya GACAK Bikin Kocak Galaumu
Buku antologiku yang ketiga tapi merupakan naskah pertama yang diikutkan dalam event menulis.

Buku antologi pertamaku adalah buku kumpulan FTS dan Puisi dengan Judul Permata Kasih-Untaian Cinta untuk Ayah dan Bunda.

Permata Kasih Untaian Cinta untuk Ayah dan Bunda (Buku pertama)

Kalau boleh jujur, dalam mengirimkan naskahku untuk menjadi peserta di event ini diharuskan inbox ke penanggung jawab (PJ) event dengan mengattachcement filenya. Tapi karena emang enggak tahu, jadi aku coppy naskahku dan mem-pastenya di inbox si kakak PJ event. (+_+) Haduueeehh maaf atas ketidaktahuan dan kepolosanku ini! :D

Buku selanjutnya merupakan curhatan aku buat si member Super Junior, Choi Siwon, bias pertamaku di SJ. Aku suka sama dia karena nonton (?) video musik SJ, No Other. #dulu ditularin virus K-POP sama temen sebangku di kelas 1 SMA :P Oh, ya. Judulnya bukunya Korean Idol ^^

Korean Idol (Buku untuk Siwon ^_^)

Di event yang mengharuskan menulis Puisi atau Flash True Story (cerpen dari kisah nyata), aku malah meluapkan uneg-unegku buat Siwon Oppa :* #maklum ya, kan penulis amatir -_-

Lanjut ke bukuku yang keempat. Judulnya First Writing #1
Ada tiga jilid bukunya, tapi naskahku masuk di jilid 1. Bertemakan tentang tulisan pertama, tapi aku mengirimkan naskah yang berisi tentang keluhanku betapa susahnya untuk membeli buku antalogi yang memuat karyaku. Buku-buku antalogi yang aku punya semuanya dibayar dengan pulsa kecuali yang buku Gacak sama buku Permata Kasih. Itu harus 'ngutang' sama Kak Ayu (salah seorang PJ event) #memalukan
Abis aku enggak tahu cara bayarnya -_- Belum punya rekening waktu itu (secara umur belum 17 tahun)

First Writing #1 (Buku keempat)

Alhamdulillahnya, di sini Kak Anisa (PJ event lomba) juga memberbolehkan aku membeli buku ini dengan pulsa ^^ #makasih buat kak Anisa yang udah mau aku repotin :D

Buku kelima, berisikan Puisi tentang Ibu. Lomba ini diselenggarakan bulan Desember tahun 2012, tapi buku terbitnya baru terbit di pertengahan tahun ini. Judulnya Ibu adalah Surgaku.

Ibu adalah Surgaku (Buku kelima)

Bukti bahwa Ibu selalu bisa menjadi inspirasi. Thanks buat Ibuku yang tegas dan penyayang ^^ I LOVE YOU :*

Buku antologi ke-6, event bertemakan diskriminasi sosial. Bukunya belum sempat aku beli. Niatnya ketika menjelang libur baru beli... Hikss :'(

Sejuta Wajah di Balik Debu (Buku ini pantes buat orang yang suka merendahkan/memandang orang lain dengan sebelah mata)

Judulnya Sejuta Wajah di Balik Debu. Hanya ada puisiku yang masuk. Flash Fictionnya gagal lolos. #mungkin karena FF pertama (0_0)

Ke buku ke tujuh, Judulnya Istimewa. Berisikan tenatang si makhluk dengan kelembutan hatinya dan kecantikan akhlaknya yang biasa disebut WANITA.

Istimewa (Buku untuk Ibuku :*)

Buku ini di tujukan untuk Ibu. ^^

Buku antalogi terakhir yang sudah terbit. Judulnya Ketika Ijab Qabul Terucap. Berisi tentang cerpen khayalanku yang berjudul No One Like You. (sebenernya ini judul FanFiction Rahma, temanku yang K-POPers itu. Karena enggak punya inspirasi nyari judul, jadi judul NOLY di pake deh, ^_^)

Ketika Ijab Qabul Terucap (Untuk orang dalam khayalku ^_^)


Huuuaaa! Semua bukunya berhasil aku dapat dalam hitungan bulan. Buku-buku di atas juga masih diterbitkan dalam penerbit indie (penerbit yang dibiayai oleh penulis). Oh, ya. Bulan Oktober kemarin (tapi aku ngitungnya nanti bulan Desember) gak kerasa aku menekuni dunia literasi sudah genap satu tahun. Walau masih belum bisa disebut penulis, tapi ini langkah pertamaku menapakkan kaki (?) sebagai penulis nantinya.


Ada 2 naskahku yang diikutlombakan di penerbit indie dan mayor (event #MyDream DIVA Press). Dan Alhamdulillah, kedua naskahku lolos dan akan dibukukan dalam waktu dekat ini. ^^

MAN JADDA WAJADA!
Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu!
Dan yang terakhir, PROM15E to 13ELIEVE ! :D :D :D


No comments: